Senin, 25 April 2011

Hiu Ternyata Buta Warna


Menggunakan teknik yang disebut Micro-spektrofotometri, sekelompok peneliti yang dipimpin oleh Nathan Scott Hart melihat ke dalam sel retina termasuk 17 spesies ikan hiu di perairan Queensland dan Australia Barat.
IAll dari 17 spesies, para peneliti menemukan sel penerima cahaya yang paling umum digunakan adalah 'batang sel yang sangat sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan hiu untuk melihat dalam gelap. Namun, dengan sel hiu tidak dapat membedakan warna.
Selain itu, hiu tidak memiliki cukup sel kerucut yang dapat merespon langsung terhadap cahaya pada panjang gelombang tertentu. Sebagai ilustrasi, mata manusia, berbagai jenis sel kerucut yang tersedia untuk membedakan warna yang tertangkap oleh mata.
Dalam 10 dari 17 jenis hiu yang diteliti, tidak ada sel kerucut yang ditemukan.Hanya 7 jenis hiu yang memiliki sel kerucut, sayangnya hanya satu jenis, yang hanya peka terhadap panjang gelombang sekitar 530 nanometer, yang merupakan panjang gelombang untuk warna hijau.
"Dengan sistem retina berarti hiu mampu membedakan misalnya antara abu-abu dan abu-abu gelap," kata Scott Hart, seperti dikutip dari ScienceDaily, 19 Januari 2011. "Namun, kemungkinan besar, ia tidak bisa membedakan abu-abu dengan warna lain," katanya.
Manfaat dari penemuan ini, dengan memanfaatkan hiu buta warna, peneliti dapat mengembangkan peralatan surfing yang dapat mengurangi kemungkinan hiu mendeteksi manusia.
"Kami dapat merancang alat pancing, pakaian renang, dan surfing peralatan yang memiliki kontras visual lebih rendah bagi hiu," kata Scott Hart. "Dengan demikian, peralatan tersebut menjadi kurang" menarik "ke mata ikan hiu," katanya.a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pengunjung



Jam berapaaa sekarang ?

My Plurk

apa yang anda lihat di blog ini ???

Entri Populer

Mengenai Saya

i'm just ordinary girl :)

Followers